Pages

CARA SETTING DOLPHIN (EMULATOR FOR WII)

pc merupakan gudangnya game ,dari game GBa Hingga Console Game terbaru dapat dimainkan di dalam pc.
begitu juga dengan WII ,console game ini terkenal dengan game super marionya dan beberapa game unggulan.
Kali ini saya akan membagikan emulator dolphin + cara setting silakan simak!



  • pertama anda harus mempunyai emulator dolphinnya dan anda dapat mendapatkannya di :
    http://www.dolphin-emulator.com/
  • setelah anda download silakan buka file .exe nya (jika berbentuk rar/compress lainnya silakan di extaxk dulu)
  • nanti jika anda menemukan adanya pesan error mungkin anda belum mempunyai microsoft visual studio dan anda dapat mendownloadnya di
    http://download.microsoft.com/download/C/6/D/C6D0FD4E-9E53-4897-9B91-836EBA2AACD3/vcredist_x86.exe (untuk windows 32bit)
  • sekarang anda tinggal configuration seperti dibawah ini

    Config – General



    pada pengaturan ini sebenarnya ga banyak yang sebaiknya dirubah default sudah cukup bagus.
  • enable dual core –> pastikan aktif jika menggunakan cpu multicore, jika proccesor anda dual core
  • idle skipping –> pastikan aktif, fungsinya untuk skip instruksi idle emulasi wii, another big speedup. kecil banget kemungkinan bikin masalah, hanya disable kalo emang game yang dimainkan perlu ini dimatikan
  • enable cheat –> jika anda frustasi dengan game yang anda mainkan anda dapat mengaktifkannya. tapi perlu diperhatikan, enable cheat memiliki kemungkinan besar bikin problem di kompabilitas atau glitch
  • framerate –> pengaturan framerate rendering. defaultnya auto. framerate disini maksudnya renderingnya bukan maslaah ditampilkan ke display, secara defaultt ntar tampil ke display tetap 60 frame . game2 wii framerate render macam2, ada yang 25 fps / 50 fps untuk game2 PAL, dan 30 fps / 60 fps untuk. aku cenderung set ini manual ke 60 karena mang downlaod biasa game2 NTSC, dan kadang di set ke auto ada beberapa game bermasalah , terutama game yang render asilnya 30 fps/25 fps dan ditampilkan dengan 60 vps.
  • advanced setting –> pilih metode emulasi. rekomendasi memang pake JIT (just In Time recompiler) yang emang cepet  sebagai info tambahan aja, itepreter tuh translate code game ke bahasa yang dinegrtiin pc, lalu diekekusi. kalo recompiler, compile code game trus eksekusi. lengkapnay cek wikipedia aja ya.
  • lock threads to cores –> mengunci tiap thread proses hanya make 1 core spesifik. bisa jadi mempercepat, bisa juag memperlambat, tergantung game hardware. sebaiknya matiin aja, atau silahkan bereksperimen
  • DSPLLE on threads –> cuman berhubungan kalo make plusin DSP LLE, ntar DSP bakal pake thread khusus, peningkatan performa sedikit tapi sync audio jadi jelek dan ada skip. disable aja, lagian plugin DSP lebih bagus yang HLE 
  • Graphics – general

    4perlu diperhatikan, ini adalah tampilan setting dari plugin directX 9.
  • adapter –> keknya udah cukup jelas, pilih GPU yang digunakan untuk proses rendering. kalo cuman ada 1 GPU aktif/nancap sih pilihan ya cuman 1 aja, kalo ada yang lebih, bisa pilih GPU yang akan digunakan untuk dolphin.
  • aspect ratio –> aspek rasio output, lebih baik biarin di auto aja ;)
  • widescreen hack –> memperluas FOV game2 3D yang sebenarnya ga make format widescreen, terutama untuk maen game gamecube di layar wide nih. imho, sebaiknya off aja, kadang bikin display yang kacau di area yang diperlebar.
  • v-sync –> gpu bakal nunggu image selesai ditampilkan penuh sebelum ngirim image baru ke display. fungsi utama untuk ngilangin tearing. kalo gpu atau setting laen bikin dolphin ga bisa render image sesuai frekuensi layar, setting ini justru bisa bikin lambat. biarin off aja dulu, kalo emang terjadi tearing, baru coba aktifkan.
  • anisotropic filtering –> pake filter aniso untuk texture, terutama untuk texture yang makin jauh. sebaiknya aktifin aja, toh penalti aniso kecil banget ko’ (kalo pake discrete GPU)
  • anti-aliasing –> dolphin make SSAA, alias super-sampling Anti-aliasing. jadi dolphi ngerender frame pada reoslusi beberapa kali (sesuai setting) resolusi yang ada di pengaturan resolusi. setelah itu dikecilin ke target reoslusi yang diatur user. hal ini dimaksudkan untuk menghiangkan jaggies dan memperhalus image. saranku, kalo GPU kamu bagus, ga ada salahnay diaktifkan, kalo ngga, mending off aja. pake setting laen aja untuk maen sesuai resolusi native layar, juga udah mayan alus ko’. sebagai catatan, kalo pake SSAA 4 kali, untuk setting 1280×720 berarti image akan di render di resollusi 4x 720p. penalti performance terlalu berat untuk gpu low end.
  • load native mipmaps –> game akan menggunakan texture mipmaps native. beberapa efek memerlukan opsi ini nyala, jadi biarin aja. tapi bisa juag didisable untuk sedikit performance boost, cuman ga terlalu worth, dan bisa bikin efek bersangkutan ga nongol.
  • EFB scaled copy –> scale EFB ke resolusi yang lebih tinggi. detail bisa diatur lagi pake opsi EFB scale. biarin ini aktif, penting untuk maen game wii agar lebih bening di resolusi yang jauh diatas resolusi native wii (480p)
  • pixel lighting –> perhitungan pencahayaan dilakukan per-pixel da bukan per-vexel. hasil menjadi lebih akurat, tapi ada performance hit.
  • force bi/trilinear filtering—> memaksa filtering. berguna meningkatkan game2 2D atau yang make bakground pre-rendered. bisa bikin glitch untuk game2 laen, ga terlalu worth untuk diaktifin.
  • 3D vision –> perlu dijelasin ??? bener2 ga penting dan performance hit sangat besar. jangan dicoba kalo ga make GPU nvidia high end
  • EFB scale –> Scale efb (embedded frame buffer) ke resolusi yang lebih tinggi.  bikin game jadi lebih “bening” dengan maen di resolusi lebih tinggi. 
  • enable EFB <—> CPU access –> mengijinkan CPU mengakses EFB. diperlukan untuk beberapa game
  • emulate format change –> data akan diintepretasi ulang jika formal berubah, beberapa game perlu ini. silahkan di sesuaikan ama kasus kamu. tapi penalti kecil atau bahkan ga ada sama sekali. oia, di plugin openGL, setting ini otomatis disable/ga bisa diakses.
  • EFB copy –> proses bikin dan kopi EFB, ada 2 pilihan, EFB to texture yang akan mengkpi EFb sebagai texture dan EFB to RAM yang mengkopi EFB ke RAM sistem sebagai framebuffer object. dengan opsi To RAM, hasil jauh lebih baek, hampir semua efek dapat ditampilkan tapi lebih lambat, karena data harus didecode lagi sebelum dikirim ke VRAM. sedangkan to Texture akan lebih cepat, tapi beberapa akan mengalami masalah seperti efek yang ngga muncul, atau texture yang ngga muncul. sebagai default, aku saranin EFB to Texture, pindah ke EFB to RAM hanya jika game memerlukan.
  • enable cache –> membuat cache untuk EFB. hanya berlaku untuk opsi EFB to RAM. jika data texture tidak berubah, langsung pakai cache, jadi bias memperisngkat waktu tanpa harus decode ketika data pindah dari RAM ke VRAM. ada peningkatan kecepatan, tapi bisa bikin glitch juga. kalo perlu EFB to RAM coba aktifin cache ini, kalo ada glitch, baru matiin.
  • accurate texture cache –> tracking texture berdasarkan value pixel dari texture, sehingga bisa menjadi lebih akurat tapi ada performance hit. beberapa game butuh ini untuk bisa tampil dengan normal. ada 3 pengaturan, pengaturan cepat untuk hasil lebih cepat dengan lookup lebih sedikit (tapi ada potensi error) atau lookup lebih banyak yang lebih lambat tetapi lebih aman. jika memang harus mengaktifkan opsi ini, coba pake opsi normal aja dulu. kalo muncul problem baru coba safe.

DSP HLE

Plugin DSP berhubungan dengan emulasi audio. secara default ada 2 plugin, HLE dan LLE. yang membedakan adalah, pada LLE, user memerlukan dump ROM DSP dari wii,s edangkan HLE tidak.
  • enable HLE audio –> aktifkan emulasi audio meggunakan HLE, untuk suara dan efek. kalo didisable, ada performance boost sih, tapi masa maen tanpa suara 
  • enable DTK music –> emulasi untuk format musik, seperti bakcground music.
  • enable audio throttle –> menyesuaikan speed emulasi dengan sound, agar sync dan tidak terlalu cepat/lambat. saya lebih sering matikan dan pake patokan setting Framerate.



    this trick inspirated by : http://setya5785.wordpress.com/2011/01/17/dolphin-emulator-settings/

Unknown

Kebaikan dimulai dari hal yang kecil dan memberikan kebahagiaan kepada orang lain atau diri sendiri.

4 komentar:

  1. pake yang versi berapa gan? punya ane ga bisa detect graphic-card(radeon) makasih :)

    BalasHapus
  2. Sorry gan kok aku bialngnya Dolphin.exe. is stop working kenapa yah gan mksih...

    BalasHapus
  3. Gan supaya swing nuncuk nya berfungsi gimana y...

    BalasHapus

ATTENTION !!

Karena saya bukan seorang Uploader maka mohon maaf jika ada link mati,file corrupt/tidak dapat digunakan ,mengandung virus dan hal-hal lainnya.

jika anda menemukan ada yang tidak beres silakan berikan komentar yang sopan,baik dan santun

dan anda boleh request sesuai kategori yang anda inginkan.

Untuk anda yang bingung silakan kunjungi Faq